印華百家姓協會雅加達特區分會-期刊文獻-印尼僑聲雜誌-93期-
會員登錄
帳   號
密   碼
驗證碼
 
註冊
行事曆
Sun Mon Ten Wed Thu Fri Sat
領導獻詞
首頁期刊文獻
93期
BUAH BERDURI
作者:Andri

筆者藉這一期「印尼僑聲」會刊帶領讀者回味印尼榴槤果的總總。榴槤屬木棉科 ,它那特別的味道和美味正是它誘拐人們的主要法寶 。別說看到它或是聞到它,連提到它或想到它都會垂涎三尺。本文將引領您重回到從前。

Buah-buahan di Indonesia sangat banyak jenisnya; alpukat, belimbing, durian, nangka, nangka, rambutan,salak, dukuh, nanas, pisang, sirsak, sawo, jeruk, jambu, mangga, srikaya, tomat, arben,
kesemak, lengkeng, cempedak, pepaya, menteng, anggur, melon, apel, pala, semangka, delima dan lain sebagainya. Banyak diantaranya ialah kegemaran anda. Buah-buahan merupakan sumber serat(纖維)pangan yang sangat berguna bagi kelancaran proses pencernaan (消化)makanan di dalam tubuh manusia, sehingga sangat bermanfaat (有益)untuk mencegah(預防)berbagai penyakit.

Tehnik pertanian Taiwan terkenal diseluruh dunia, sebagian besar jenis buah-buahan tropis(熱帶)
dan subtropis(亞熱帶)tumbuh subur dan serba ada di Taiwan, bentuknya lebih besar dan rasanya pun lebih manis daripada buah-buahan serupa ditempat asalnya. Demi menyesuaikan(符合)selera (胃口)masyarakat(大眾), Taiwan juga mengimpor banyak jenis buah-buahan yang tidak dihasilkan di pulau ini, misalnya durian,manggis,dll.

Tetapi, orang-orang kedatangan dari Indonesia yang kini berdomisili (定居)di Taiwan tetap
mengenang buah-buahan Indonesia, teristimewa buah yang mendapat julukan(別稱) sebagai “The King of the Fruit”, “Rajanya Buah”, yaitu buah durian.
Durian sudah dikenal dan banyak dibudibayakan(廣為種植 ) di daerah tropis. Rasanya yang  lezat dan aromanya(其香味)yang khas menjadi daya tarik(吸引力)tersendiri bagi penggemar buah
ini. Komposisi(成份)gizi(營養)buah durian sangat beragam(多方面),tergantung dari jenis
kematangan serta tempat tumbuhnya. Namun secara umum buah durian mempunyai kandungan gizi
yang cukup.

Durian di Indonesia banyak jenisnya: ada durian bokor dan durian si riwig asal Majalengka, durian kani dan durian otong introduksi(傳入)dari Thailand, durian perwira asal Majalengka, durian petruk asal Jepara, durian si dodol, durian si hijau dan durian si japang asal Kalimantan Selatan, durian si tokong asal Pasar Minggu, durian sukun asal Gempolan, durian sunan asal Boyolali, durian si mas asal Bogor, durian matahari asal Rancamaya, Kota Bogor, dan durian hepe asal Jonggol, kabupaten Bogor dan lain-lain. Setiap jenis memiliki keistimewaan tersendiri yang terletak pada penampilan, warna serta daging buahnya.

Belakangan hadir pula jenis durian asal Thailand, durian monthong, ialah jenis durian yang kita
konsumsikan diTaiwan. Jenis ini memiliki keharuman nama tersendiri. Sifat-sifatnya yang dikatakan unggul(優勢)pada durian monthong adalah rasa daging buahnya yang manis, berwarna kuning, tebal, aroma tajam dan khas (特別)serta berbiji kecil bahkan kadangkala kempes(縮掉). Keunggulan lainnya adalah penampilan tajuk pohon(主幹)yang bercabang rendah dan berbuah lebat. Jika durian lokal(本地的)waktu buahnya hanya sekitar satu bulan, durian Thailand bisa mencapai tiga bulan di setiap panen(收成).Buah yang dihasilkan juga lebih banyak. Meskipun demikian, mayoritas(大部份的)masyarakat di Indonesia masih lebih menyukai durian lokal. Sebab, rasanya lebih manis dan buahnya lebih legit. Pohon durian lokal juga lebih tahan hama. Namun antara durian Thailan dan durian lokal, masing-masing memimiliki kelebihan (優點)sendiri.

Selain jenis-jenis durian di atas terdapat jenis buah lain, yaitu durian Parung. Buah durian parung berbentuk bulat memanjang berwarna hijau keabuan, daging buah tebal dan berwarna kuning, sedikit berserat dan biji berukuran kecil.

Teringat pada duapuluhan tahun lalu, ketika ayahku masih berada dan tinggal bersama adik di Parung, Kabupaten Bogor, setiap kali aku membawa anggota keluarga(家庭成員) dari Taiwan pergi
menengok ayah yang sudah usia 8O-an, beliau pasti mengajak sopir membawa keranjang besar pergi keperkampungan(鄉間)untuk membeli durian parung, terismewa durian jatuhan(因成熟而自然落地的). Selesai bersantapan malam(用晚餐), seluruh anggota keluarga besar berkumpul disatu ruang untuk menikmati (享用;享受)buah durian pilihannya. Disitulah dua anakku yang lahir dan besar di Taiwan mulai mengenal buah berduri ini. Kini ayah tercinta sudah tiada, namun,berkumpul sambil makan durian parung merupakan kenangan manis yang tak terlupakan.

Durian merupakan buah serba guna. Bagian yang dapat langsung dimakan darisatu buah durian
ialah bagian daging buahnya. Daging buah durian dapat dimakan dalam keadaan segar atau diolah (煮) menjadi berbagai produk (產品;成品)olahan. Daging buah durian juga dapat diawetkan (便耐久不壞 ;耐藏)dengan cara dibekukan (冰凍)atau dikalengkan.

Di Palembang dan daerah Sumatra lainnya, daging buah durian umumnya diolah menjadi
tempoyak, yaitu bubur buah yang ditambah garam dan diragikan(使發酵), dapat digunakan sebagai
lauk pauk(菜餚). Daging buah durian juga dapat diolah menjadi dodol durian, keripik durian,bahan
campuran eskrim, kue-kue atau esputar. Dan daging buah yang mengkal (setengah matang)dapat
digunakan untuk sayuran. Didalam buah terdapat pongge, yaitu biji yang diselimuti oleh daging buah. Biji durian dapat diolah menjadi tepung keripik atau dimakan setelah direbus atau dibakar. Bagian kulit luar memiliki duri-duri yang tajam, bisa dijadikan bahan bakar setelah dijemur kering.

Di Indonesia,tanaman ini termasuk tanaman musiman. Musim berbunga pohon durian dimulai pada bulan Juni sampai September dan buah akan mejadi matang pada bulan Oktober sampai Februari. Dalam setiap musim, jumlah buah yang dihasilkan bisa sekitar 80-100 buah perpohon, tergantung besarnya pohon. Sedangkan pohon yang telah cukup tua, bisa menghasilkan 200 buah perpohon. Warna daging buahnya pun bervariasi, yaitu putih, krem, kuning muda, kuning kehijauan dan ada pula yang berwarna kuning tembaga. Semakin berlemak semakin gurih.Tapi jangan khawatir karena kadar (質量)lemaknya jauh lebih rendah dibanding lemak hewani(動物).

訂閱電子報

網站名稱: 印華百家姓協會雅加達特區分會
會址: Jl. Krekot Bunder Raya No.47AB,Jakarta 10710,Indonesia電話:+62 21 350 1191-94
本平台所有訊息內容或服務,都是由該機構或相關單位所提供,著作權歸原提供者或權利人所有。
網站系統服務平台版權System Copyright ©自在交流股份有限公司
EzFree Interchange Co ., Ltd All Rights Reserved.Tel: +886-2-26648299  E-mail:ez.change@msa.hinet.net