印華百家姓協會雅加達特區分會-期刊文獻-印尼僑聲雜誌-96期-
會員登錄
帳   號
密   碼
驗證碼
 
註冊
行事曆
Sun Mon Ten Wed Thu Fri Sat
領導獻詞
首頁期刊文獻
96期
Pasar Malam
作者:Kwok Siu Yung

Sebelum saya datang ke Taiwan, saya tidak tahu kalau ternyata di Taiwan itu banyak sekali pasar malam dan saya juga tidak tahu kalau ternyata pasar malam yang ada di Taiwan itu menarik untuk dikunjungi dan menjadi objek wisata malam hari yang menyenangkan. Saya sudah mengunjungi banyak pasar malam yang ada di Taiwan, khususnya pasar malam di kota Taipei. Terus terang saya katakan, saya menyukai pasar malam – pasar malam yang ada di Taiwan, pergi sekali saja, bagi saya  tidak cukup. Saya tidak pernah merasa bosan untuk pergi lagi ke pasar malam. Selalu ada keinginan dari hati saya untuk mengunjunginya lagi dan lagi di lain hari dan kesempatan entah dengan keluarga atau teman-teman saya.
Kenapa saya suka pergi ke pasar malam? Banyak sekali alasannya. Yang pertama, menurut saya pasar malam di Taiwan itu unik dan sesuatu yang baru bagi saya karena selama saya di Jakarta, saya belum pernah pergi jalan-jalan ke pasar malam. Biasanya di akhir pekan, kita lebih sering menghabiskan waktu di mal-mal dan plaza-plaza yang ada, entah itu pergi nonton bioskop, makan-makan, berbelanja, atau hanya sekedar jalan-jalan saja dengan teman atau keluarga. Tapi ketika saya datang ke Taipei dan untuk pertama kalinya diajak ke pasar malam, saya merasa senang sekali karena saya melihat pasar malam itu berbeda sekali dengan mal-mal yang ada di Jakarta yang biasa saya kunjungi.
Selain unik, ketika jalan-jalan ke pasar malam, kita bisa menemukan banyak sekali pilihan makanan, dari makanan ringan sebagai cemilan saja sampai makanan yang bisa membuat kita menjadi kenyang. Kita bisa jalan-jalan melihat keramaian pasar malam dengan santai sambil menikmati makanan ringan khas pasar malam. Saya perhatikan, setiap pasar malam yang saya kunjungi, pasti memiliki kekhasan makanannya masing-masing yang harus kita cicipi kalau kita berkunjung ke pasar malam itu.
Ada pasar malam yang lebih banyak menawarkan berbagai ragam jenis makanan. Sebut saja pasar malam Shida. Saya paling sering pergi ke pasar malam ini. Alasannya sederhana saja karena saya sekolah di Shida dan jarak pasar malam dengan sekolah saya memang dekat sekali jadi setiap kali perut merasa lapar pasti saya dan teman-teman akan segera pergi ke pasar malam Shida mencari makanan yang kami sukai. Di pasar malam Shida, anda bisa menemukan berbagai ragam cita rasa masakan dari berbagai negara. Jadi dengan pergi ke pasar malam Shida, anda mempunyai kesempatan untuk mencicipi masakan dari berbagai negara. Selain masakan khas Taiwan, masakan Eropa, Jepang, Korea, Thailand, India, Malaysia, dan Indonesia juga tersedia dengan lengkap dengan harga yang terjangkau. Inilah keunikan pasar malam Shida, menawarkan berbagai ragam masakan dari berbagai negara untuk memenuhi cita rasa orang-orang dari berbagai negara yang rindu dengan masakan negara asalnya masing-msing.
Beberapa pasar malam lebih banyak menawarkan pakaian-pakaian pria dan wanita dengan model-model yang sedang popular di kalangan anak muda Taiwan saat ini dengan harga yang bervariasi. Pakaian-pakaian yang dijual di dalam toko cenderung lebih mahal dan biasanya harganya tidak bisa ditawar. Tapi kalau anda membeli pakaian di pedagang kaki lima, yang menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan, harganya jauh lebih murah dan kita bisa tawar menawar harga. Inilah yang saya suka dari berbelanja pakaian di pasar malam. Harga lebih murah dibanding yang dijual di plaza-plaza karena bisa ditawar selain itu juga kita mendapatkan pakaian baru yang sedang popular saat ini yang sesuai dengan selera kita.
Kalau saya mau berbelanja pakaian, pasar malam favorit tujuan saya dan teman saya adalah pasar malam Shilin. Di pasar malam Shilin, sebagian besar menjual pakaian untuk para wanita, dari harga yang mahal sampai yang murah juga tersedia, mau cari model apa saja pasti ada. Anda tinggal pilih yang mana yang sesuai dengan selera anda. Makanya saya dan teman-teman senang sekali pergi ke pasar malam Shilin karena banyak pilihannya. Setiap pulang dari pasar malam Shilin pasti saya dan teman saya tidak pulang dengan tangan kosong.
Pasar malam-pasar malam di Taiwan setiap harinya ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pasar malam tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama bila akhir pekan tiba. Jadi saya anjurkan, kalau anda mau pergi jalan-jalan ke pasar malam sebaiknya jangan pergi sewaktu akhir pekan atau hari raya karena pengunjungnya banyak sekali. Pasar malam semakin malam semakin ramai pengunjungnya. Untuk berjalan-jalan dan sekedar melihat-lihat saja, anda harus berdesakan-desakan dengan para pengunjung lainnya. Anda tidak akan mempunyai kesempatan untuk berbelanja dengan santai dan kalau anda mau makan pun, seringkali harus mengantri untuk mendapatkan tempat duduk.
Selama anda di Taiwan, jangan lupa untuk mengunjungi pasar malam. Di pasar malam anda bisa melihat sisi lain yang menyenangkan dari kehidupan masyarakat Taiwan. Dengan mengunjungi pasar malam, anda pun akan semakin memahami kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Taiwan.

訂閱電子報

網站名稱: 印華百家姓協會雅加達特區分會
會址: Jl. Krekot Bunder Raya No.47AB,Jakarta 10710,Indonesia電話:+62 21 350 1191-94
本平台所有訊息內容或服務,都是由該機構或相關單位所提供,著作權歸原提供者或權利人所有。
網站系統服務平台版權System Copyright ©自在交流股份有限公司
EzFree Interchange Co ., Ltd All Rights Reserved.Tel: +886-2-26648299  E-mail:ez.change@msa.hinet.net