印華百家姓協會雅加達特區分會-期刊文獻-印尼僑聲雜誌-107期-
會員登錄
帳   號
密   碼
驗證碼
 
註冊
行事曆
Sun Mon Ten Wed Thu Fri Sat
領導獻詞
首頁期刊文獻
107期
SEKOLAH MALAM YANG INDAH
作者:呂林萍

Dikearenakan saya menikah dengan warga Taiwan, untuk memperdalam bahasa Mandarin, akhirnya saya mempunyai kesempatan yang baik tanpa biaya, hanya sekolah ini diadakan malam hari dan belajar bersama sekumpulan para lanjut usia. Semula saya merasa agak aneh dan agak sedikit malu, karena harus bergabung belajar bersama para lanjut usia, tetapi karena pelajaran dimulai dari dasar dan atas dukungan suami, akhirnya saya lakukan.

Hari pertama sekolah, saya masuk tingkat SD, saya benar-benar merasa agak sedikit ganjil, semua yang hadir para lanjut usia, hanya saya dan 2 orang warga Vietnam. Dan suara yang terdengar tak lain berbahasa Taiwanese. Bagi saya, situasi seperti ini, sangatlah asing, bahkan lebih asing daripada kedatangan saya di Taiwan, tempat duduk untuk belajar juga terasa sangat unik, karena kursi yang sebenarnya diperuntukkan anak usia 6-7 tahun, terpaksa harus kami gunakan. Hati kecil saya tertawa lucu.

Dari hari ke hari, bulan ke bulan, berlalu dengan cepat, tak terasa saya semakin menyukai suasana di dalam kelas. Seakan ada sesuatu yang sangat unik dan spesial dalam belajar bersama para lanjut usia. Sambil mendengar guru mengajar, terkadang mereka juga saling bercerita pengalaman hidup yang mereka hadapi sehari-hari. Walaupun cerita mereka terkadang membuat saya lucu dan menyebalkan, tetapi bagi saya ini sangatlah menarik, karena dengan begitu saya dapat mengetahui dan belajar menyesuaikan serta membawa diri dalam masyarakat yang belum lama sangat kenal ini.

Mereka sangat baik, sering kali mengajarkan dan memberitahu bagaimana mengerjakan pekerjaan sehari-hari juga dalam menghadapi Mertua dan Ipar di rumah, mereka tidak bersikap seperti sedang menggurui, tetapi bersikap layaknya seorang teman, ini karena mareka dahulu telah merasakannya. Saya mendapat masukkan yang tidak sedikit. Saya merasa mereka seperti orang tua saya sendiri, mereka sangat berperhatian sekali. Jika saya sakit ataupun tak dapat hadir sekolah, hari kemudian, mereka pasti banyak bertanya.

Yang paling terharu bagi saya adalah mereka bergiliran membawakan saya nasi kotak untuk makan malam, karena mereka tahu saya langsung dari tempat kerja. Hati saya benar-benar tersentuh sekali.
Saya merasa bergaul dengan mereka lebih menyenangkan, karena lebih terasa hangatnya sebuah pergaulan, tanpa diikuti perasaaan bersaing, bahkan rasa saling tolong menolong dan pengertian sangat mendalam.

Memang semua ini kembali pada pribadi masing-masing, bukan berarti menganggap saya berkepribadian baik, ada juga generasi muda yang tak dapat menerima sikap dan menyesuaikan diri dengan para usia lanjut. Sehingga menimbulkan perdebatan dan perselisihan.

Bagi saya yang terpenting adalah tujuan dan maksud kehadiran diri kita di suatu lingkungan, bagi kita yang usia dan pengalaman lebih sedikit dibanding mereka, hendaknya mau mencerna, mengkaji kembali pengalaman orang lain, saling berbagi satu sama lain, saling mengalah dan menghormati pendapat orang lain, serta tetap menjaga keharmonisan pergaulan, dengan demikian kita akan cepat mendapat pelajaran tambahana selain dari guru. Saya sangat menikmati sekolah malam ini.

訂閱電子報

網站名稱: 印華百家姓協會雅加達特區分會
會址: Jl. Krekot Bunder Raya No.47AB,Jakarta 10710,Indonesia電話:+62 21 350 1191-94
本平台所有訊息內容或服務,都是由該機構或相關單位所提供,著作權歸原提供者或權利人所有。
網站系統服務平台版權System Copyright ©自在交流股份有限公司
EzFree Interchange Co ., Ltd All Rights Reserved.Tel: +886-2-26648299  E-mail:ez.change@msa.hinet.net