印華百家姓協會雅加達特區分會-期刊文獻-印尼僑聲雜誌-123 期-
會員登錄
帳   號
密   碼
驗證碼
 
註冊
行事曆
Sun Mon Ten Wed Thu Fri Sat
領導獻詞
首頁期刊文獻
123 期
印尼歸僑協會駐台北印尼代表 蘇哈鐸諾 慶祝建國六十四週年大會致詞全文
作者:本刊

PESAN KEPALA KANTOR DAGANG DAN EKONOMI INDONESIA DI TAIPEI DALAM PERINGATAN HARI ULANG TAHUN PROKLAMASI KEMERDEKAAN KE-64 REPUBLIK INDONESIA
Saudara-saudaraku masyarakat Indonesia di bumi Formosa,

Hari ini tepatnya tanggal 17 Agustus 2009, kita seluruh bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-64 Republik Indonesia. Pada hari yang bersejarah dan membahagiakan ini, pertama-tama tentunya  kita perlu memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, karena kita semua masih diberi kesempatan, semangat, kekuatan dan kesehatan untuk mengisi kemerdekaan, melanjutkan pengabdian dan karya kita kepada nusa dan bangsa.

Pada saat-saat yang bersejarah ini, patutlah kita melakukan refleksi, seraya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada segenap pejuang bangsa, yang berjuang demi tegaknya negeri kita. Perjuangan yang dilalui dengan tetesan air mata.
Bagi kita sebagai penerus bangsa Indonesia, yang paling penting adalah bagaimana kita berperan serta mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan cita-cita proklamasi yaitu menciptakan masyarakat yang adil dan makmur melalui tindakan yang nyata. Dalam mengisi kemerdekaan ternyata juga menuntut pengorbanan yang sangat besar. Perjalanan kita sejak Proklamasi ditandai oleh berbagai tantangan, rintangan dan hambatan, sebagian berasal dari luar tetapi tidak sedikit berasal dari dalam, yaitu yang timbul karena tindakan kita sendiri, sikap dan langkah terhadap sesama kita sendiri. Dalam mengisi kemerdekaan kita tidak lagi melawan penjajah dari luar, tetapi melawan, mengatur, mendisiplinkan diri kita sendiri untuk mencapai tujuan bersama. Setelah 64 tahun kita merdeka, cita-cita bangsa Indonesia, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, masih jauh dari jangkauan.

Saudara-saudara sekalian,
Tahun ini merupakan tahun yang bermakna bagi bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun ini kita telah dengan aman, tertib, sukses dan adil melewati pesta demokrasi dengan Pemilihan Umun Anggota Legislatif dan Presiden serta Wakil. Namun hal yang terpenting adalah bagaimana meneruskan perjuangan bangsa Indonesia selanjutnya. Tahun ini merupakan tahun Pemilu, kita tetap berharap kita semua memiliki komitmen untuk menjalankan tugas pemerintahan secara maksimal dan fokus pada hasil yang nyata. Kita tidak boleh mengorbankan kepentingan rakyat, dan jangan biarkan pula rakyat kita menunggu. Seluruh sumber daya yang kita miliki, harus kita kelola secara efisien dan efektif, agar hasil-hasil pembangunan nasional benar-benar dapat dinikmati oleh seluruh rakyat.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
Kita harus menyadari bahwa bangsa kita masih terus diterpa oleh berbagai cobaan yang berat. Seperti yang kita ketahui beberapa waktu yang lalu adanya serangan bom yang terjadi di Jakarta. Kejadian ini tentu memberi kesan bahwa atmosfir keamanan di Indonesia masih kurang stabil. Hal ini akan berpengaruh pada pembangunan Indonesia di masa yang akan datang dan memberi kesan yang tidak baik di mata dunia internasional. Untuk itu kita seluruh bangsa Indonesia perlu bersatu dan bergandengan tangan membenahi masalah yang sangat kritis ini.  Yang penting, dalam kondisi yang sulit, kita harus menghindari sikap saling menyalahkan, saling menyerang dan saling menjatuhkan. Sebaliknya, kita justru harus tetap optimis, terus bekerja-sama, bahu membahu untuk mengubah krisis menjadi peluang, demi kebaikan rakyat Indonesia.

Saudara-saudara sekalian yang sangat saya cintai,
Dalam bidang Ekonomi, kita tahu bahwa pada tahun lalu krisis ekonomi melanda Amerika, dan kemudian terus berkembang ke negara-negara lainnya. Kita patut bersyukur bahwa di tengah krisis yang menggoncang dunia,  keadaan ekonomi kita dibanding negara-negara lainnya masih terbilang stabil.  Meskipun terjadi krisis ekonomi global yang melanda seluruh dunia, Indonesia masih mampu mempertahankan pertumbuhan ekonominya di posisi ke tiga di dunia setelah RRC & India, dan merupakan yang tertinggi di kawasan ASEAN. Pertumbuhan ekonomi diprediksikan akan tumbuh positif mencapai 4.3 persen di akhir tahun 2009. Tingkat pertumbuhan ini dicapai ditengah tekanan melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia. Dan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk meningkatkan hubungan dagang dan investasi dengan Taiwan.

Saudara-saudara sekalian,
Di tengah situasi ekonomi dunia yang tidak menentu ini, sesungguhnya kita patut bersyukur, karena kondisi pangan negara kita relatif lebih baik dari banyak negara lain. Mungkin fakta ini belum banyak diketahui masyarakat. Pada tahun 2008 yang lalu, untuk pertama kalinya sejak masa Orde Baru, produksi beras nasional lebih tinggi daripada konsumsi beras kita. Harga beras di dalam negeri lebih rendah daripada harga beras internasional. Surplus beras ini harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Saudara-saudara sekalian yang sangat saya cintai
Saudara-saudara sekalian yang berada di Taiwan, saudara-saudara - termasuk saya sendiri - merupakan sebagian kecil bangsa Indonesia yang beruntung memperoleh kesempatan untuk menimba ilmu pengetahuan, belajar dan hidup di negara yang lebih maju. Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh warga negara dan masyarakat Indonesia yang berada di Taiwan, untuk memaknai kemerdekaan dengan bersama-sama membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Keberadaan kita di Taiwan harus dapat kita manfaatkan seoptimal mungkin dan sebaik-baiknya bagi keuntungan bangsa dan negara kita. Banyak hal yang dapat kita pelajari untuk dijadikan bekal bagi membangun bangsa, negara dan daerah kita di Indonesia. Saya sangat mengharapkan saudara-saudara sekalian semua dapat mempelajari dengan baik hal-hal yang positif yang ada di Taiwan untuk dapat diaplikasikan di negara kita tercinta, Indonesia. Hal-hal positif yang dapat kita pelajari dari Taiwan antara lain adalah semangat dan etos kerja, kedisiplinan dan karakter ekonomi Taiwan yang kita rasakan sangat positif dan dapat kita aplikasikan di wilayah kita masing-masing di Indonesia.

Saudara-saudara sekalian,
Selain begitu banyak hal positif yang dapat kita pelajari dari Taiwan, hendaknya kita juga memiliki rasa toleransi terhadap Taiwan. Kita tahu bahwa pada minggu yang lalu pulau Taiwan diterpa oleh Badai Taifun Morakot yang telah menelan korban jiwa dan kerugian materiil yang tidak sedikit. Kita sebagai masyarakat Indonesia yang tinggal di Taiwan serta  sebagai bangsa yang memiliki hati nurani hendaknya memiliki empati untuk membantu dan mendoakan para korban taifun morakot. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan kekuatan untuk pulih dan bangkit kembali.
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
Sekali lagi saya ingin menekankan bahwa kemajuan bangsa Indonesia ada di tangan kita sendiri. Kalau kita semua bersatu padu, bahu membahu, seiring sepenanggungan, dalam membangun bangsa, maka tak ada gunung yang terlalu tinggi untuk didaki, tak ada ngarai yang terlalu dalam untuk dilalui, dan tak ada samudera yang terlalu luas untuk diseberangi. Insya Allah, di abad ke-21 ini Indonesia akan menjadi salah satu negara yang maju dan bermartabat di dunia. Maju di segala bidang. Karena kita adalah bangsa yang besar, yang bangkit dengan usaha kita sendiri.
Kepada para masyarakat Indoneisa baik mahasiswa maupun pekerja dari seluruh penjuru tanah air yang hadir di tengah-tengah kita pada hari ini, saya ingin menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang tinggi atas keteladanan saudara-saudara. Semoga jejak langkah dan prestasi saudara-saudara diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia di tanah air tercinta.
Dirgahayu Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Merdeka!!!  Terima kasih.
Taipei, 17 Agustus 2009

譯意文:
(八一七慶祝大會蘇哈鐸諾致詞譯意全文- - - - - - - - - 張忠春)

在福爾摩沙土地上的所有印尼同胞們,
今天是八月十七日,慶祝我國六十四週年國慶。在這充滿歷史性及快樂的日子裡,首先我們要對阿拉真主表達無限的敬意和謝意,祂賜予我們智慧、力量和健康的身體以繼續為國家民族效力。我們也向所有革命先烈致敬。

今年是最令人驕傲的一年,國內各項選舉,總統選舉及國會議員選舉,都能有序、公平、和平的圓滿完成。但是,國家仍面對各種嚴厲的考驗,最近所發生的炸彈攻擊事件造成國際社會對我國治安感到不安的印象。因此,我們必須一起牽手團結來處理這危機,避免互相譴責及互相攻訐。相反的,我們要誠懇、樂觀、繼續合作無間,把危機改變為轉機。
在經濟方面,比起其他國家,我國的經濟還屬穩定成長,世界上僅次於中國和印度,今年的經濟成長率應可達到百分之四點三。在這同時,提升和台灣的經貿關係,已成為我們的責任和義務。

所有在台灣的同胞們,包括我自己在內,在全體人民中,是極少數有機會能在一個進步的國家裡接受教育、學習和生活。我們要充分利用在台灣所學到的一切知能成為建國的基本準備。我們肯定要效法的是工作態度和服務精神,以及穩定的經濟成長。
上星期的風災重創南台灣,我們居留在台灣的同胞對災民表達關心與支持,願阿拉真主賜給他們智慧和力量重建他們的家園。

   各位同胞,我要再次強調,印尼的發展與成長進步掌握在我們自己的手裡,祇要我們能心手相連,團結合作,沒有登不上去的高山,也沒有渡不過的山谷和大海。願阿拉真主保佑,我國將在這二十一世紀裡成為一個進步又尊嚴的國家。

訂閱電子報

網站名稱: 印華百家姓協會雅加達特區分會
會址: Jl. Krekot Bunder Raya No.47AB,Jakarta 10710,Indonesia電話:+62 21 350 1191-94
本平台所有訊息內容或服務,都是由該機構或相關單位所提供,著作權歸原提供者或權利人所有。
網站系統服務平台版權System Copyright ©自在交流股份有限公司
EzFree Interchange Co ., Ltd All Rights Reserved.Tel: +886-2-26648299  E-mail:ez.change@msa.hinet.net